Jarak Ukuran Pemasangan Rangka Hollow Plafon Gypsum

Jarak rangka plafon gypsum sangat beragam, tapi tidak semuanya cocok untuk setiap jenis ruangan. Ada beberapa yang paling banyak dipilih, berdasarkan ukuran gypsum pilihan. Buat Anda yang penasaran berapa jarak ideal tersebut, wajib cek informasi lengkapnya melalui informasi berikut.

Jarak rangka plafon gypsum

Plafon gypsum, memang banyak digunakan karena punya berbagai keunggulan. Seperti variasi model dan desain yang banyak, perawatannya mudah, pemasangan cepat, dan keindahannya mampu menyempurnakan karakteristik sebuah ruang pada hunian maupun kantor.

Jarak Terbaik Penggunaan Rangka Plafon Gypsum

Kebanyakan konstruksi plafon punya rangka berbahan hollow, dengan panjang maksimal 4 meter untuk setiap batang. Pengaturan posisi antar hollow paling banyak dipakai adalah 60 cm antar rangka jika dipakai memanjang.

Kemudian disesuaikan pula dengan ukuran dari gypsum yang ada, karena akan sangat menentukan ketahanan, kekuatan, dan keawetan dari penutup atap jika sudah terpasang sempurna nanti.

Sebagai contoh, jika ruangan memiliki ukuran 9 x meter, penggunaan hollow biasanya tidak dipotong alias memanjang 4 meter dan tegak lurus. Jarak yang dipakai adalah 60 cm untuk setiap rangka tergantung ukuran satuan plafon.

Dari angka tersebut juga bisa dihitung jumlah holo dibutuhkan, yaitu bisa mencapai 30 batang dengan menjumlahkan keliling dinding, jumlah rangka, dan cross hollow yang akan digunakan.

Ukuran Jarak Rangka Plafon Gypsum

Walaupun bahan plafon sangat beragam, tapi soal ukuran standarnya relatif sama. Anda bisa pilih salah satu, setelah menghitung total luas area penerapan penutup atap tersebut. Berikut ini daftar ukurannya.

  • 30 x 30 cm
  • 30 x 40 cm
  • 40 x 40 xm
  • 40 x 60 cm
  • 60 x 60 cm
  • 60 x 80 cm

Dari daftar di atas, ternyata yang paling ideal dipakai adalah 60 x 80 karena memiliki bidang besar dan bisa dibagi lebih merata. Kemudian saat pemasangan rangka akan lebih tepat, jika ingin material ini bertahan lama melindungi ruangan dari hawa panas langsung dari atap utama.

Ukuran ini nantinya akan menentukan pula berapa jarak rangka hollow plafon gypsum, serta ketebalan dari besi ringan sebagai konstruksi utamanya.

judul gambar

Baca Dulu: Harga Hollow Baja Ringan Untuk Plafon

Tips Memasang Rangka dan Plafon

Setelah mengetahui berapa jarak yang dibutuhkan antar bagian rangka dari plafon, pemasangan dapat mulai dilakukan. Namun jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Cek Kondisi Atap Utama

Pastikan terlebih dahulu kondisi atap utama tidak mengalami kebocoran, karena akan sangat berhubungan dengan ketahanan penutup atap gypsum. Jika terdapat kebocoran lalu merembes pada area gypsum, tentu akan mengurangi keawetannya bahkan cenderung cepat rusak.

  • Ukur Langit-Langit yang Akan Dipasangi Rangka dan Plafon

Tentukan ukuran detail dari lokasi atap yang akan dipasangi penutup pakai bahan gypsum.

Dengan kalkulasi tetap, maka kebutuhan bahan utama, rangka, dan lainnya akan lebih tepat termasuk jarak pemasangan rangka plafon gypsum. Berhubungan juga dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk konstruksi tersebut, sehingga dapat dipersiapkan dengan tepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Rangka Plafon Hollow

  • Libatkan Tenaga Profesional

Untuk hasil terbaik, libatkan tenaga profesional yang sudah berpengalaman dalam pemasangan plafon. Agar hasilnya lebih memuaskan dan minim masalah untuk jangka panjang.

  • Pilih Gypsum Kualitas Terbaik

Jangan lupa pilih bahan terbaik dari produsen terbaik, sehingga saat diaplikasikan benar-benar dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Langkah Pemasangan Plafon Gypsum Untuk Hasil Terbaik

Langkah yang perlu dilakukan adalah memasang papan gypsum sesuai desain yang diinginkan dan ukuran hollow untuk plafon gypsum. Kemudian, kaitkan dengan sekrup khusus supaya bahan tersebut tidak rusak. Pastikan penempatan sekrup tepat pada bagian rangka supaya menancap maksimal dan kuat bertahan di langit-langi ruangan.

Setelah itu, beri dempul pada bagian sekrup agar tampilan lebih mulus. Proses dempul dilakukan dengan berulang sampai benar-benar bersih dan tidak memperlihatkan bekas sekrup, biasanya antara empat sampai lima kali.

Selanjutnya gosok bagian yang di dempul menggunakan kertas pasir atau biasa disebut amplas. Lihat hasilnya, jika sudah benar-benar mulus maka saatnya untuk menambahkan hiasan yang dibutuhkan. Bisa berupa profil list atau biasa disebut bingkai, biasanya ditempatkan di sekeliling gypsum.

Baca Dulu:

Demikianlah informasi lengkap tentang jarak rangka hingga ukuran dan tips pemasangan plafon gypsum. Jangan lupa pakai rangka hollow plafon gypsum, untuk hasil lebih maksimal dan tahan lama.

judul gambar

Leave a Comment