Cara Menghitung Lemari & Furniture HPL Serta Harga HPL di 2022

Bagaimana cara menghitung harga furniture HPL? Bagaimana perhitungan harga pokok produksi mebel HPL? Berapa harga lemari HPL per meter di akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022? Yuk lanjut baca saja!


cara menghitung harga furniture hpl

Sebuah rumah tidak bisa menjadi tempat yang nyaman jika tidak ditunjang dengan perabotan atau mebel yang cocok. Sebenarnya ada banyak sekali bahan pembuatan mebel yang beredar di pasaran. Kendati demikian, HPL masih menjadi favorit. Bagi anda yang memiliki jenis tersebut, yuk cari tahu harga lemari HPL per meter 2021 dan cara menghitung harga furniture HPL sebagai berikut!

Cara Menghitung Harga Furniture Berbahan HPL

HPL merupakan singkatan yang digunakan untuk mempermudah penyebutan High Pressure Laminate. Jenis finishing ini banyak digunakan pada perabotan rumah, termasuk kitchen set. Tidak dapat dipungkiri jika HPL memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bahan yang lain. Salah satu yang paling utama adalah tampilan furniture yang terlihat lebih menarik.

Saat hendak menghitung berapa biaya yang harus dibayar, anda perlu tahu bahan dasar apa yang digunakan untuk membuat mebel tersebut. Apabila bahannya berupa multiplek, maka harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan block min. kisaran harga multiplek adalah 2 juta per meter, sedangkan blok min sekitar 1,8 juta per meter.

Pertama tama, anda perlu tahu berapa ukuran furniture yang hendak dibuat. Semakin besar barangnya, maka semakin tinggi pula harga yang perlu dibayar. Anda hanya perlu mengkalikan hasil pengukuran mebel dengan harga bahan ber finishing HPL yang telah disebutkan sebelumnya. Cara menghitung harga furniture HPL ini berlaku untuk sema jenis mebel.

Hitungannya:

Harga Furniture =  Luas furnitur x Harga permeter

Baca: Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir

Harga Lemari HPL Per Meter 2021 – 2022

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa harga furniture dengan bahan HPL adalah sekitar 1,8 hingga 2 juta per meter, tergantung bahan dasar yang digunakan. Informasi tersebut tidak ada bedanya dengan harga lemari HPL per meter. Namun anda juga tetap harus memperhatikan ornamen tambahan apa saja yang ada di sana.

Adapun beberapa ornamen tambahan yang umum ada di lemari adalah kaca. Bagian yang tertutup kaca ini bisa dilapisi HPL, dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, komunikasikan keinginan anda kepada pengrajin mebel yang anda pilih. Dengan begitu, perhitungan harganya juga menjadi lebih jelas. Anda dan pihak pengrajin pun tidak akan salah paham.

judul gambar

Ketahui: Jarak Rangka Plafon Kayu

Meskipun cara menghitung harga furniture HPL tetap sama, namun harga dasar yang ditetapkan setiap pengrajin bisa saja berbeda. Budget 1,8 hingga 2 juta ini hanya sebagai info pendukung, agar anda tahu kisaran harga yang umum dipasaran. Pengrajin sebagai penjual, tetap punya  hak untuk mematok harga, sesuai dengan keinginannya.

Catatan:

Admin RWHome sendiri sedang memesan furnitur HPL untuk backdrop TV. Untuk harga standarnya sendiri adalah Rp.1.000.000 per meter. Harga segitu, kualitas HPL nya kata si pembuat sudah bagus!

Namun, dengan adanya berbagai pernak-pernik dan variasi pada backdrop TV tersebut maka tidak dihitung per meter lagi. Tapi harga keseluruhan sampai jadi, jika seperti ini Anda bisa nego saja.

Kenapa harga tersebut lebih murah? Kemungkinan beda tempat kali ya. Atau kualitas HPL yang tidak sama.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Harga Pokok Produksi Mebel

Selain informasi terkait dengan harga furniture berlapis HPL, akan lebih baik jika anda perhitungan harga pokok produksi mebel yang sesungguhnya. Tidak dapat dipungkiri, jika perkembangan dunia furniture sangat pesat. Setiap produsen berlomba lomba menjual produk dengan biaya produksi yang rendah namun bisa dijual dengan harga tinggi.

Akhirnya timbullah ide untuk membuat mebel yang minimalis namun ekonomis, tanpa mengurangi estetika maupun fungsi yang diinginkan. Lantas sejatinya, apa yang menjadi komponen dalam cara menghitung harga furniture HPL? Beberapa diantara mereka adalah biaya kebutuhan MDF, top panel, side panel, modesty panel, kebutuhan HPL, dan lain sebagainya.

Setiap komponen ini menyumbang peningkatan harga, pada barang yang hendak dijual. Oleh karena itu, anda sebagai pembeli harus memperhatikan desain sebelum memesan furniture. Semakin polos mebel yang dipilih, maka harga nya juga bisa lebih murah. Namun jika terlalu banyak aksen tambahan, maka harganya akan lebih mahal. Oleh karena itu, pentung untuk konsultasi budget.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Pihak custome furniture juga pastinya memiliki tim yang siap membantu anda, memilih desain yang cocok untuk rumah dan kantong. Gunakan referensi atau sumber dari internet sebagai gambaran. Telisik pula cara menghitung harga furniture HPL agar perkiraan budget bisa lebih bulat. Sangat disayangkan jika mebel yang dibeli terlalu jauh dari kisaran budget yang dipersiapkan.

Baca:

Memilih pengrajin mebel juga tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih mereka yang sudah profesional. Dengan begitu, furniture yang anda beli bisa sesuai dengan keinginan. Pastikan pulsa anda memesan di pengrajin yang mematok harga secara rasional. Jika barang budget yang dimiliki masih kurang, coba ubah desain hingga masuk dalam range yang ditetapkan.

judul gambar

Leave a Comment