Bahan & Proses Pemasangan Atap Datar Baja Ringan & Spandek

Atap datar atau sering juga disebut dengan flat roof rupakan model atap bangunan dengan bentuk horizontal. Tidak seperti atap lain yang mengerucut ke atas, permukaan atap jenis ini sangatlah rata. Pada atap datar baja ringan, terdapat beberapa macam kelebihan dalam penggunaannya di Indonesia.

Atap Datar Baja Ringan

Namun, perlu diketahui bahwa dalam pembuatan atap jenis ini tetap memerlukan sedikit tingkat kemiringan. Hal ini digunakan untuk mengalirkan air hujan sehingga tidak menggenang di atap bangunan. Genangan air ini bisa berakibat pada munculnya korosi rangka atap apabila menggunakan baja ringan.

Baca Dulu : Rangka Atap Pelana Baja Ringan

Manfaat Atap Datar Baja Ringan di Indonesia

Manfaat Atap Datar Baja Ringan di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya,  flat roof dengan bahan baja ringan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah tahap pemasangan yang mudah karena tidak terlalu berat. Selain itu, kelenturan pada baja ringan juga mampu menyerap energi lebih kuat dibanding dengan bahan lain. Bahan ini juga bisa digunakan untuk model atap datar spandek. Kemudian, apa kelebihan lainnya?

Bahan Atap Datar yang Awet dan Tahan Lama

Bahan Atap Datar yang Awet dan Tahan Lama

Tidak seperti bahan kayu, baja ringan memiliki daya tahan tinggi sehingga lebih awet untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini dikarenakan baja ringan bersifat anti karat dan anti rayap. Komposisinya yang terbuat dari logam juga membuat perawatannya menjadi lebih mudah. Belum lagi baja ringan mampu bertahan dalam situasi dan cuaca apa pun. Sangat cocok untuk dipakai sebagai kerangka atap di Indonesia.

Proses Penyambungan Atap Datar Baja Ringan yang Mudah

Proses Penyambungan Atap Datar Baja Ringan yang Mudah

judul gambar

Selain tahan lama, proses penyambungan untuk bahan baja ringan pun terbilang cukup mudah. Kelebihan ini membuat pekerja menjadi lebih efisien dalam membuat rangka atap, terutama jika membutuhkan kerangka yang panjang dan lebar. Bagaimana cara penyambungan kerangka dari baja ringan? Kamu bisa menyambungkan bahan atap datar ini dengan perantara baja sebagai penghubung.

Artikel Terkait :

Proses Pemasangan Atap Datar Spandek

 Proses Pemasangan Atap Datar Spandek

Spandek merupakan bahan yang digunakan untuk pembuatan atap bangunan, seperti rumah ataupun bangunan lainnya. Bahan ini menggunakan campuran aluminium dan seng dengan perbandingan 53% : 43%. Sisanya adalah campuran silikon sebanyak 4%. Spandek dipilih bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan spandek sendiri memiliki beragam kelebihan.

Salah satu kelebihannya adalah bahan yang awet dan kokok. Selain itu, spandek juga mudah dibentuk serta memiliki beban yang lebih ringan. Pemasangan atap datar spandek juga lebih mudah karena mampu menutupi seluruh kerangka atap dengan cepat. Hal ini juga berpengaruh terhadap efisiensi waktu yang dikeluarkan selama pengerjaan. Lalu, bagaimana pemasangannya?

Ukur Jarak Tumpuan Atap Datar Baja Ringan

Pengukuran ini digunakan untuk spandek sebelum dipasang ke kerangka baja ringan. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah spandek yang harus dipasang. Jangan lupa untuk memilih bahan yang bagus. Jika perlu, carilah bahan galavium yang mampu menahan cuaca lebih baik.

Pembuatan Kuda-Kuda Atap dan Pemasangan Reng

Langkah berikutnya adalah proses pembuatan kuda-kuda atap agar bisa berdiri dengan kokoh. Ketika kuda-kuda sudah berhasil dibuat, pasanglah reng yang menjadi tumpuan ketika pemasangan bahan atap datar spandek nanti. Untuk ukuran,  samakanlah dengan lebar daun atap.

Jika dua tahap di atas sudah selesai, lanjutkanlah dengan pemasangan spandek sebagai tahap akhir. Tutupi seluruh bagian kerangka sehingga tidak terjadi kebocoran apabila hujan nanti. Berhati-hatilah saat melakukan pemasangan ini. Pastikan bahwa lapisan pelindung spandek tetap aman tanpa adanya goresan sedikit pun. Dengan begitu, hasil pengerjaan bisa optimal 100%.

Ketahui :

Itulah penjelasan mengenai kelebihan penggunaan atap datar baja ringan di Indonesia. Pastikan bahwa kamu memilih bahan terbaik demi kenyamanan serta keamanan bangunan.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text