Pembesian Ukuran Balok Gantung Bentang Ukuran 5 Meter

Pembesian balok bentang erat kaitannya dengan penetapan desain dan model bangunan yang tepat dan sesuai keinginan. Apakah Anda ingin merancang hunian bersama kontraktor terpercaya? Berikut adalah uraian mengenai pembesian balok bentang 5 meter yang bisa Anda pelajari sebelum berdiskusi.

Pembesian Balok Bentang 5 Meter

Baca Dulu : Cremona Baja WF

Pembesian Balok Bentang 5 Meter

Perhitungan balok dan kolom memang menjadi tanggung jawab ahli struktur yang menghandle hunian Anda. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda mengetahui tentang sedikit banyak soal ukuran dan pembesian balok bentang.

Kenali Ukuran Balok Bentang 5 M

Dalam menggambar dan merancang bangunan, perhitungan tentang besar ukuran balok dan besar ukuran kolom menjadi salah satu permasalahan. Hal tersebut perlu Anda perhitungkan dengan tepat agar mampu menopang hunian yang telah dirancang.

Dimensi balok menjadi sloof dan pondasi dalam bidang perlantaian. Secara umum, ukuran untuk lebar balok minimumnya adalah setengah dari tinggi balok. Satu hal yang harus Anda ketahui yakni perbandingan untuk lebar dan tinggi balok tidak boleh kurang dari 03.

Adapun yang dimaksud dengan balok bentang 5 meter yakni jarak bentangan antar kolom adalah 5 meter. Untuk mengetahui ukuran balok yang tepat digunakan untuk bentangan 5 meter, Anda bisa menyimak hingga tuntas artikel tentang balok gantung dan pembesian balok bentang ini.

Pembesian Balok Bentang 6 Meter

Tidak jauh berbeda dengan balok bentang 5 meter, pembesian balok bentang 6 M adalah pembesian pada balok dengan jarak antar kolom sejauh 6 meter. Adapun cara menghitung ukuran lebar dari penampang kolom yakni dengan lebar balok ditambahkan dengan (2 x 5 cm).

Misalkan lebar balok adalah 25 cm, maka hasil yang Anda peroleh adalah 35 cm. Dengan demikian, ukuran kolomnya sebesar 35 x 35 cm. Adapun perhitungan untuk dimensi kolom pipih yakni mengalikan ukuran kolom dan membaginya dengan 15, karena 15 x panjang pipih.

Hasil yang diperoleh yakni 81,67 cm dan bisa dibulatkan 82 cm. Sehingga, ukuran kolom yang Anda dapatkan dari penggunaan kolom pipih adalah 15 x 82 cm.

Sedangkan pada pembesian balok bentang 5 meter didasarkan hasil berbagai perhitungan. Perhitungan yang dimaksudkan yakni beban mati, beban hidup, beban ultimit dan beban layan, serta perhitungan momen ultimit dan tulangan diperoleh ukuran balok 250 untuk lebar dan 500 untuk tinggi.

judul gambar

Artikel Terkait :

Penerapan Balok Gantung

Penerapan Balok Gantung

Sudahkah Anda tahu apa itu balok gantung? Balok gantung adalah salah satu faktor penentu kokohnya suatu hunian atau bangunan. Ini diterapkan khusus untuk rumah dengan dua lantai, karena memiliki fungsi sebagai penopang berat bangunan pada lantai dua.

Keberadaan balok gantung sangat penting untuk rumah susun dua lantai tanpa tiang di tengah-tengah bangunannya. Pemberiaan tiang di tengah bangunan juga membuat hunian terlihat kurang bagus. Pemilihan balok gantung juga mempertimbangkan ukuran balok gantung bentangan 6 meter.

Adapun rumus balok gantung yakni lebar rumah yang dibagi dengan 0,13. Misalkan Anda ingin membangun rumah dua lantai dengan ukuran lebar 8 meter dan panjang 10 meter, tinggi balok gantung adalah 8 meter (lebar rumah) dibagi dengan 0,13 dan diperoleh 61 cm hasil pembulatan.

Ketahui :

Sedangkan untuk lebar balok gantung adalah setengah dari tinggi balok gantung. Apabila tingginya 61 cm maka lebar balok gantungnya adalah 30 cm (hasil pembulatan). Satu lagi yang harus Anda perhatikan yakni ukuran tulang besi 10 mm dengan cincin besi 8 mm.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text