Detail Spesifikasi Ukuran Tinggi Pintu Harmonika

Pintu harmonika merupakan pintu yang terbuat dari besi berkualitas tinggi dengan rangka utamanya yang berbentuk zig zag. Dibandingkan jenis pintu lainnya, pintu jenis ini dinilai lebih aman. Hal ini karena tinggi pintu harmonika dapat dibuat secara custom menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Tinggi Pintu HarmonikaOleh sebab itu, pintu harmonika banyak dipakai pada bangunan tertentu seperti toko, ruko, kantor, gudang, garasi, pagar rumah, atau ruangan lain yang membutuhkan keamanan lebih baik. Bahkan, dengan polanya yang berbentuk zig zag yang berfungsi sebagai lipatan justru memberikan keamanan tambahan pada pintu ini karena akan menyulitkan seseorang untuk membobolnya.

Bagian-Bagian Utama dalam Pintu Harmonika

Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan utama seputar detail ukuran pintu harmonika, alangkah baiknya bagi kalian untuk mengetahui bagian-bagian penting yang dapat dalam pintu harmonika sehingga natinya kalian tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang berkaitan dengan pintu harmonika. Berikut rinciannya:

  • Plat daun: disebut juga sebagai daun pintu atau slat daun pintu yang merupakan bagian utama dari pintu harmonika itu sendiri. Apabila semakin tebal plat daunnya, maka semakin kokoh pintu harmonika tersebut.
  • UNP: bagian dari pintu harmonika yang berfungsi sebagai penyeimbang kekuatan dari plat daun. Jadi, apabila plat daunnya semakin tebal maka UNP nya yang digunakan pun harus semakin tebal.
  • Power lock: merupakan kunci atau gembok dari pintu harmonika yang berperan dalam mengunci pintu agar aman. Power lock terbuat dari material logam yang sangat kuat sehingga tidak mudah dibobol.
  • Roda: salah satu bagian dari pintu harmonika yang memiliki dua jenis yakni roda atas yang berfungsi sebagai penggerak pintu di bagian atas dan roda bawah yang menjadi tumpuan utama dari pintu harmonika agar bisa digeser dan dilipat.
  • Rel: roda tidak akan berjalan tanpa adanya rel. Karena itu rel dan roda dibuat sepaket dan harus serasi ukurannya. Sebagai jalur roda, rel memiliki 2 macam kategori yakni rel tanam dan rel menonjol.
  • Pelatuk: bagian utama dari pintu harmonika yang berfungsi untuk mengunci pintu agar dapat memberikan keamanan pada pintu disamping penggunaan power lock.

Lihat Dulu:  Warna Cat Pintu Harmonika Terbaru

Spesifikasi Pintu Harmonika

Berikut ini tinggi pintu harmonika beserta spesifikasi lengkapnya yang kami ambil berdasarkan material yang paling banyak oleh jasa pembuatan pintu harmonika kualitas standar hingga medium super:

judul gambar
NoSpesifikasiRincian
1.       Tinggi250 cm
2.       Lebar400 cm
3.       Jarak rong rujiMaks 21 cm
4.       Ketebalan plat roll1 mm
5.       TampilanZig zag luar dan dalam
6.       BalakPipa 60 kotak
7.       CagakUNP 50
8.       Besi strip5,8 x 24 mm
9.       Pintu tambahanEkstra 1 lubang pada pintu kanan
10.    Rel atasUNP 50 / AS 19 mm
11.    Rel bawahUNP 65 / AS 19 mm
12.    Laqer6204ZZ
13.    JepretanLogam besi
14.    KunciSES atau kualitas yang sepadan
15.    Gembok Magnet1 buah / pintu
16.    Hamertone luar / dalamSilver
17.    Handle luar dalamStainless stell 2 mm
18.    Plong atascustom

Baca Juga:

Nah, jika dilihat dari segi harga pintu harmonika per meter, tentu sangat bergantung pada kualtias pintu harmonika yang dimiliki. Semakin tinggi kualitasnya maka harga per meternya semakin mahal. Rata-rata harga pintu harmonika dengan tinggi 250 cm – 3 meter ialah sekitar 850 ribu per meternya.

judul gambar

Leave a Comment