Cara Pasang Engsel Pintu Lipat Kayu Yang Benar

Engsel merupakan komponen utama dari sebuah pintu yang berguna untuk melekatkan daun pintu dengan tembok. Tanpa adanya engsel, tentunya pintu tidak akan dapat terbuka dan tertutup seperti yang kita ketahui saat ini. Cara pasang engsel pintu lipat kayu pun terbilang mudah, bahkan kalian bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan tukang sekalipun.

cara pasang engsel pintu lipat kayuMemperbaiki engsel pintu yang rusak memang tugas seorang tukang, namun hal ini termasuk pekerjaan yang ringan dan sangat mudah dilakukan. Asalkan kalian mengetahui metode pemasangan engsel pintu yang tepat, maka kalian bisa melakukannya sendiri.

Oleh sebab itu, dikesempatan ini kami ingin memberikan beberapa tips terkait cara pasang engsel pintu lipat kayu yang bisa kalian terapkan di pintu biasa, pintu kobi, pintu harmonika, maupun pintu jenis lainnya. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi kalian yang ingin mencoba memperbaiki engsel pintu sendiri tanpa bantuan tukang.

Jenis-Jenis Engsel pintu dan Jendela

Sebelum kita lanjut, kami akan memberikan beberapa informasi seputar jenis-jenis engsel pintu yang dapat jadi pengetahuan untuk kalian nantinya. Berikut rinciannya:

a)     Engsel Kupu-Kupu

cara pasang engsel pintu lipat kayuMerupakan jenis engsel yang paling banyak dipakai untuk pintu rumah yang terbuat dari kayu maupun pintu aluminium. Sesuai namanya, engsel ini memiliki bentuk seperti kupu kupu yang berfungsi untuk menghubungkan antara sisi pintu dan sisi tembok.

b)     Engsel Bubut

cara pasang engsel pintu koboi

Engsel ini memiliki karakteristik seperti bubut yakni berbentuk tabung dan berlubang tengahnya. Fungsi lubang ini berguna untuk meletekan sambungan engsel agar dapat berputar. Umumnya, engsel jenis ini dipakai untuk pintu yang super berat atau pintu kayu jati inti yang terkenal sangat berat.

c)     Engsel Handerson

cara pasang engsel biasaSalah satu jenis engsel yang sedang kita bahas kali ini. Engsel ini seringkai digunakan pada pintu lipat kayu ataupun pintu koboi. Karakteristik engsel Handerson mirip dengan engsel kupu-kupu hanya saja terdapat beberapa perubahan yang menyesuaikan dengan jenis pintu yang akan digunakan seperti memiliki roda di ujung engselnya.

judul gambar

d)     Engsel Sendok

pemasangan engsel pintu yang benarSalah satu jenis engsel yang biasa dipakai di laci meja, lemari baju, ataupun jendela. Karena bentuknya yang tipis dan strukturnya yang ringkih membuat engsel sendok tidak kuat dipakai untuk pintu yang berat.

e)     Engsel Patrom

pemasangan engsel pintu yang benarEngsel patrom memiliki bentuk yang minimalis namun tetap menampilkan sisi keunikannya. Biasa digunakan untuk menggantikan engsel jenis kupu-kupu agar membuat pintu tampak lebih estetik tanpa menghilangkan nilai fungsionalnya.

f)      Engsel Piano

cara pasang engsel pintu lipat kayuSeperti namanya, engsel ini berbentuk layaknya piano yang sangat panjang dan memiliki sisi daun yang sempit. Sama seperti engsel sendok, engsel piano digunakan hanya untuk pintu dan jendela yang bobotnya ringan saja.

Cara Pasang Engsel Pintu Lipat Kayu

Memasang engsel pintu lipat berbeda dengan cara pasang engsel biasa karena disini kita akan memasangnya ke dalam rel pintu. Jika ingin mengetahui selengkapnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Siapkan bagian tepi pintu yang akan digunakan untuk mengaitkan rel. Umumnya, bagi tepi pintu ini sudah sepaket dengan pintunya, namun jika belum kalian bisa membuatnya sendiri dari kayu, baja ringan, atau dari besi.
  2. Pasang rel di bagian atas dan bawah. Pastikan ukuran rel dengan lebar pintu sesuai. Jika tidak, silakan potong rel sesuai dengan kebutuhan.
  3. Tempel engsel handerson pada pintu lipat kayu yang ingin kalian pasang. Pastikan untuk memasangnya dengan sejajar antara bagiani atas dan bagian bawah.
  4. Sesuaikan jarak pemasangan engsel sesuai dengan daun pintu. Umumnya jarak 3 engsel pintu kayu dibuat dengan ukuran antara 40 cm – 60 cm.
  5. Masukan semua roda engsel pada rel pintu. Perhatikan antara permukaan depan dan belakang pintu jangan sampai terbalik.

Baca Juga:

Nah itu dia cara pasang engsel pintu lipat kayu beserta jenis-jenis engsel yang bisa kalian gunakan. Sampai bertemu lagi di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Comment