Cara Menghitung Harga Cat Plafon Motif Awan & Langit

Memilih motif cat adalah hal yang penting, karena bisa mempengaruhi suasana keseluruhan di dalam ruangan. Selain tembok, bagian plafon juga bisa dihias sedemikian rupa agar ruangan terlihat indah. Salah satu contoh dekorasi yang paling pas untuk plafon adalah cat awan. Lantas berapa harga cat plafon motif awan? Yuk cek perhitungan harga cat plafon berikut!

Untuk berbagai model cat plafon motif biru awan dan langit, bisa lihat lihat gambarnya disini.

Cat Plafon Motif Awan & Langit

Plafon rumah adalah bagian penting di dalam dunia karena fungsi utamanya adalah untuk menutup langit langit ruangan agar terhindar dari cuaca panas dan dingin. Tampilannya yang polos terkadang kurang cocok dengan konsep ruangan, terutama jika ruangan tersebut adalah kamar untuk anak. Motif paling populer dan cocok untuk plafon adalah motif awan.

harga cat plafon motif awan

Adapun harga cat plafon motif awan dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu material yang digunakan, jumlah pekerja, dan luasan bidang yang dihias. Sistem pembayaran yang paling banyak dipilih adalah sistem borongan per meter. Cara tersebut adalah yang paling mudah karena tidak banyak parameter yang terlibat di dalamnya.

Baca Dulu: Biaya Membuat Dapur Ukuran 3×3

Cara Menghitung Harga Cat Plafon Motif Awan Borongan

  1. Menghitung Volume Dan Luas Pengecatan

Saat hendak menghitung harga cat plafon motif awan, anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa luas pengecatan yang hendak dilakukan untuk mengetahui volume pekerjaan tukang. Semakin luas permukaan plafon, maka harganya akan semakin mahal. Biaya tersebut wajar, karena proses pengecatan juga semakin lama sehingga perlu tenaga yang lebih besar.

Ketahui: Upah Pasang Nok Genteng

judul gambar

Pertama tama, anda harus tahu berapa luas plafon yang hendak dikerjakan oleh tukang cat. Usahakan hitungan ini akurat agar perhitungan biaya tidak mengalami kekeliruan. Rumus untuk menghitung luasan pekerjaan adalah dengan mengalikan panjang dan lebar bidang. Misalnya anda hendak mengecat plafon berukuran 6m X 5m, maka luas bidangnya adalah 30m2.

Ketahui: Contoh RAB Atap Baja Ringan Excel

  1. Menghitung Harga Borongan Cat Plafon

Harga cat plafon motif awan bisa didapat setelah anda menghitung harga borongan cat plafon. Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung borongan tanpa material adalah volume pekerjaan dikalikan dengan harga borongan. Misalnya tadi volume pekerjaannya adalah 30m2, sedangkan harga borongannya adalah 17.000, maka biaya pengecatan hingga selesai adalah 510.000.

Namun jika anda menggunakan perhitungan yang termasuk material, maka harganya jauh lebih tinggi. Kendati demikian, rumus yang digunakan masih sama, yaitu volume pekerjaan dikali dengan harga borongan. Namun harga borongannya bisa mencapai puluhan ribu. Standarnya adalah sekitar 40.000 hingga 50.000.

Ketahui: Biaya Membuat Meja Dapur Cor

  1. Musyawarah Dengan Tukang

Setelah menghitung harga cat plafon motif awan, anda wajib membahas masalah tersebut bersama dengan tukang atau pekerja. Aktivitas ini harus dilakukan sebelum project berjalan, agar tidak ada kesalahpahaman. Jika tukang merasa cukup dengan biaya tersebut, maka pengecatan bisa dilakukan. Namun jika masih kurang cocok, anda bisa nego bersama dengannya.

Sebenarnya ada tips menentukan harga cat plafon motif awan yang bisa anda ikuti. Beberapa contoh yang dimaksud adalah meminta pendapat dari saudara maupun teman yang paham tentang dunia konstruksi dan pengecatan. Atau jika tidak, anda bisa berkonsultasi dengan mandor yang sedang bertugas di sekitar daerah anda. Tanyakan saja berapa biasanya biaya untuk mengecat plafon.

Ketahui:

Dari ulasan tadi, terlihat bahwa harga cat plafon awan sebenarnya tidak terlalu mahal. Agar hasil yang didapat lebih maksimal, bekerjasamalah dengan pekerja yang profesional. Carilah diantara mereka yang sudah terbiasa mengecat tembok atau plafon dengan motif. Dengan begitu, hasil yang anda dapat bisa terlihat lebih rapi dan artistik.

judul gambar

Leave a Comment