Pintu Angkul Angkul Minimalis Batu Alam Modern

Berbagi Yuk!

RWHome.web.id — Angkul angkul pada dasarnya adalah bangunan tradisional khas bali yang memiliki fungsi utama sebagai pintu gerbang. Kini tren angkul angkul tidak hanya ada di Bali, orang di daerah lain juga tertarik untuk menggunakan angkul angkul minimalis batu alam.

Angkul Angkul Minimalis Batu Alam
Angkul Angkul Minimalis Batu Alam

 

Angkul angkul material batu alam umumnya dibuat dengan model yang lebih simpel dan minimalis. Bentuknya dibuat dengan atap yang datar, namun beberapa juga menggunakan genteng atau alang-alang, pilihan ini tergantung pada selera masing-masing.

Baca Juga : Model Teras Rumah Kayu Jawa

Begini Karakteristik Angkul Angkul Minimalis Batu Alam!

Karakteristik Angkul Angkul Minimalis Batu Alam
Karakteristik Angkul Angkul Minimalis Batu Alam
judul gambar

 

Karena mengusung gaya minimalis, maka ada perbedaan karakteristik dan gaya dari angkul angkul khas Bali dengan gaya minimalis. Tentu gaya minimalis mengedepankan sisi kesederhanaan dengan lebih simpel dan tidak banyak ornamen pada angkul angkulnya.

Penggunaan batu kali juga bertujuan untuk memberikan kesan alam yang lebih natural dan sederhana, sehingga tidak menggunakan banyak ornamen atau hiasan yang membuat sisi alami dan naturalistiknya berkurang.

Berikut adalah beberapa karakteristik angkul angkul batu alam gaya minimalis:

1.Memiliki Ukuran Beragam

Karena digunakan untuk rumah minimalis yang biasanya mengedepankan prinsip kesederhanaan dan segala yang berukuran pas, maka angkul angkul ini juga dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, dan besar agar bisa menyesuaikan ukuran dan bentuk rumah.

2. Tidak Banyak Ornamen

Inilah yang menjadi pembeda paling dasar antara angkul angkul khas asli Bali dengan angkul angkul gaya minimalis. Jika anda pernah melihat desain angkul angkul Bali, anda bisa melihat banyaknya ukiran khas Bali untuk menghias permukaan angkul angkul tersebut.

Tidak hanya itu, angkul angkul khas Bali juga biasanya dilengkapi dengan patung-patung kecil yang membuat desainnya semakin khas dan ramai. Namun pada angkul angkul gaya minimalis, tentu meminimalisasi ukiran dan ornamen yang membuatnya rumit dan tidak simpel.

3. Dipadukan Dengan Tanaman Hias

Ciri khas lainnya adalah dipadukan dengan tanaman hias pada kanan kiri angkul angkul tersebut. Tujuannya untuk memberikan kesan natural, alami, dan menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Tanaman yang dipilih juga cenderung berukuran kecil atau sedang dan memiliki bentuk yang simpel namun indah dan menjadi nilai tambah pada bangunan angkul angkul tersebut.

Baca Juga :

Inspirasi Angkul Angkul Minimalis Bahan Batu Alam!

Berikut adalah beberapa gaya atau inspirasi angkul angkul bergaya minimalis yang dibuat menggunakan batu alam:

a. Angkul Angkul Bali Modern

Angkul Angkul Bali Modern
Angkul Angkul Bali Modern

Rekomendasi pertama cocok untuk anda yang memiliki rumah minimalis gaya modern yang sangat kental. Anda tetap bisa menggunakan angkul angkul, namun harus menggunakan yang paling simpel desainnya dan selaras dengan konsep rumah anda.

Angkul Angkul Bali Modern

Angkul-Angkul Modern Minimalis

b. Angkul Angkul Gaya Minimalis Tradisional

Angkul Angkul Gaya Minimalis Tradisional
Angkul Angkul Gaya Minimalis Tradisional

Gaya ini bisa disebut juga gaya gabungan antara model rumah minimalis namun tetap memiliki sisi tradisional, berikut adalah inspirasi model angkul angkulnya.

Angkul Angkul Bali Gaya Tradisional

Angkul Angkul Gaya Tradisional

c. Angkul Angkul Gaya Natural Minimalis

Angkul Angkul Gaya Natural Minimalis
Angkul Angkul Gaya Natural Minimalis

 

Untuk konsep pintu angkul angkul minimalis selanjutnya mengedepankan gaya minimalis yang dipadu dengan natural dan alam, sehingga memberikan kesan yang lebih sederhana, berikut rekomendasi desainnya.

Angkul Angkul Gaya Natural Minimalis

Angkul Angkul Gaya Minimalis Natural

d. Angkul Angkul Gaya Minimalis Vintage

Angkul Angkul Gaya Minimalis Vintage
Angkul Angkul Gaya Minimalis Vintage

 

Jika anda ingin memadukan antara gaya minimalis dan vintage, anda juga bisa menggunakan angkul-angkul Bali yang memiliki dua konsep tersebut sekaligus, berikut adalah rekomendasinya.

Angkul Angkul Gaya Minimalis Vintage

Angkul Angkul Gaya Minimalis

Ketahui :

Itulah beberapa rekomendasi atau inspirasi desain angkul angkul minimalis batu alam, yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin membuat rumah atau bangunan, dengan angkul-angkul sebagai gerbang masuknya.


Berbagi Yuk!

Leave a Comment