Cara Pasang Lis Plafon PVC Bertingkat Sampai Finishing

Memasang cladding plafon PVC ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang matang agar hasilnya estetik dan indah. Paling tidak, Anda harus mengetahui dasar-dasar sains terlebih dahulu. Mari belajar bersama cara pasang lis plafon PVC ini. Berikut prosedur pemasangan yang bisa anda coba tiru sebagai referensi yang terpercaya.

cara pasang lis plafon pvc

Cara Memasang Plafon PVC

  1. Pengukuran Lis Plafon

Jenis plafon ini direkomendasikan oleh banyak orang karena tahan lama, fleksibel dan ringan. Selain itu, plafon ini juga tahan air dan kedap air. Hal ini karena bahannya terbuat dari polimer isosianat dan tidak akan terurai atau lapuk oleh air. Karena berbagai kelebihannya, plafon PVC ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat.

Perhatikan bahwa kelongsong langit-langit adalah komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara langit-langit dan dinding. Artinya tidak ada ruang kosong antara langit-langit dan dinding yang meninggalkan kesan terpisah. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan saat memasang penutup langit-langit adalah mengukurnya.

cara pasang lis sambungan plafon pvc

Ingatlah untuk menandainya setelah pengukuran. Tujuan dari pengukuran ini adalah untuk mencocokkan kelongsong dengan langit-langit dan dinding. Bayangkan sebuah ruangan terlihat berantakan jika komponen ini ukurannya tidak tepat. Jadi anda juga perlu mengetahui cara memasang lis plafon PVC yang pas untuk mengukurnya

  1. Pemotongan Lis Plafon

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah memotong trim plafon. Pastikan untuk memangkas trim ke ukuran yang dibuat sebelumnya. Anda dapat menggunakan berbagai gergaji untuk memotong bagian trim, termasuk gergaji gigi, gergaji tangan, gergaji meja, gergaji bundar portable, dan pisau tajam. Dari pilihan tersebut lebih direkomendasikan untuk menggunakan gergaji gigi

Pasalnya, gergaji ini memungkinkan Anda menyelesaikan potongan trim dengan mulus. Ini akan membuat bentuk lis plafon PVC terlihat bagus tanpa harus mengatur ulang trim. Dengan begitu pekerjaan anda akan lebih ringan karena tidak perlu melakukan proses secara berulang dan hasil yang diperoleh juga tetap maksimal

  1. Pembersihan Permukaan Plafon dan Dinding

cara pasang lis plafon pvc bertingkat

Cara memasang lis plafon PVC ketiga ini jangan sampai terlewatkan sebelum proses instalasi. Permukaan langit-langit dan dinding bersih sehingga trim dapat menempel sempurna. Pastikan plafon dan dinding terbebas dari minyak ataupun debu. Dengan menjaga kebersihan dari debu dan minyak maka hasil yang didapat juga akan maksimal

judul gambar
  1. Pemasangan

Setelah membersihkan plafon dan dinding, langkah selanjutnya adalah pemasangan pelapis plafon. Ada beberapa jenis instalasi, tidak hanya satu. Namun, metode pemasangan yang sederhana dan umum digunakan adalah dengan merekatkan dan memaku. Jika menggunakan cara pertama, Anda hanya perlu mengoleskan terlebih dahulu perekat khusus pada bagian belakang.

cara pasang lis siku plafon pvc

Kemudian dengan hati-hati rekatkan bezel pada tempatnya dan tekan semua bagian hingga bezel benar-benar menempel. Kemudian tunggu lem mengering. Namun, menggunakan metode kedua sedikit memperumit situasi. Pertama, pasang trim langit-langit ke tempat yang dibutuhkan, lalu dorong paku untuk mengencangkannya.

Jika Anda merasa posisinya sudah pas maka pukul paku dengan palu. Berhati-hatilah agar palu tidak mengenai panel langit-langit. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat memilih cara kedua. Lakukan cara yang membuat anda merasa nyaman karena pastinya akan memberikan pengaruh terhadap hasil yang didapatkan

  1. Finishing

Tahap akhir dari cara pasang lis plafon PVC adalah penyelesaian atau finishing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa trim langit-langit terpasang sepenuhnya. Perhatikan kembali panel plafon yang menempel pada dinding dan plafon. Jika tidak dipasang dengan benar maka perlu segera diperbaiki agar tidak semakin parah.

Baca Dulu:

Lakukan langkah diatas secara berurutan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika dirasa anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka bisa menggunakan tenaga ahli profesional untuk membantu pemasangan. Dengan membaca informasi di atas anda telah mengetahui dasar teori tentang bagaimana pemasangan lis plafon.

Kelebihan Plafon PVC

  1. Desain Menarik

Keuntungan pertama jika berbicara tentang selimut ini erat kaitannya dengan desain dan kesan cantik yang diberikannya. Dibandingkan material plafon lainnya seperti gypsum, plywood dan fiber semen di Paris, desain PVC ini terlihat lebih mewah dan elegan. Tentunya hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menambahkan sentuhan desain lain pada plafon rumah.

Menggunakan plafon PVC merupakan  pilihan terbaik agar anda tidak bosan dengan desain plafon yang itu-itu saja. Tidak hanya itu, plafon PVC ini juga bisa digunakan untuk penerangan rumah Anda. Banyak contoh atau model desain yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kesesuaian tema rumah yang diinginkan

Baca Juga:

  1. Dapat Disesuaikan dengan tema Ruangan

Selain keunggulan di atas, Plafon PVC juga canggih warnanya, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengecat. Cukup pilih warna plafon PVC yang sesuai dengan selera dan tema ruangan idaman keluarga Anda. Jika tema ruangan yang diinginkan memiliki efek ketenangan, anda bisa menggunakan plafon dengan warna yang gelap.

  1. Awet dan Anti Bocor

Bentuk lis Plafon PVC tidak hanya memberikan tampilan yang mewah dan elegan, tetapi juga bebas bocor dan bebas rayap. PVC sendiri terdiri dari pori-pori yang sangat sempit, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan musim hujan karena tahan lama dan anti bocor. Juga, PVC adalah bahan yang biasanya dibuat untuk pipa karena sudah pasti tahan air dan anti bocor.

Baca juga:

Hal tersebut tidak akan anda peroleh ketika menggunakan gypsum paris atau triplek. Kedua bahan tersebut mudah rusak oleh air, panas atau kelembaban yang tinggi. Selain itu juga sangat  beresiko dimakan rayap. Itulah salah satu keunggulan dari plafon ini yang dapat dipertimbangkan untuk pemilihan produk.

judul gambar

Leave a Comment