Gambar Model Atap Masjid Baja Ringan Sederhana

RW Home — Sebagai umat Islam, masjid bukanlah hal yang mengasingkan lagi. Tempat ibadah ini sering menjadi pusat dari segala aktivitas yang dilakukan umat, seperti salat dan kegiatan lain. Hal menarik yang dapat kamu temui dari masjid adalah arsitekturnya yang menarik dan khas,  terutama pada bagian kubah dan atap. Bagaimana contoh model atap masjid baja ringan yang biasa digunakan di Indonesia?

Model Atap Masjid Baja Ringan

Salah satu bahan dari pembuatan atap masjid adalah baja ringan. Bahan ini digunakan sebagai kerangka utama dalam membentuk pola atap. Pola ini juga berfungsi untuk mempermudah kinerja ketika pemasangan nanti.

Baca Dulu : Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Beragam Model Atap Masjid

Model Atap Masjid Berbentuk Limas

Model Atap Masjid Berbentuk Limas

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis model atap masjid yang diterapkan. Salah satu yang sering diaplikasikan adalah model limas dengan kubah di atasnya. Salah satu masjid yang menerapkan model ini adalah Masjid Agung Demak. Pola atap limas ini juga sering dipakai oleh masjid lain di Indonesia. Bahkan beberapa Mushola di desa atau kampung juga telah menggunakannya.

Model Atap Masjid Berbentuk Limas

Limas menggunakan bentuk dasar segitiga sehingga bentuknya mengerucut ke bagian atas. Di bagian atas inilah yang biasanya akan dipasangkan kubah nantinya. Berikut adalah contoh gambar rangka atap masjid yang mengggunakan baja ringan:

Model Atap Masjid Berbentuk Limas

Kelebihan Atap Mushola Baja Ringan

Kelebihan Atap Mushola Baja Ringan

Bahan baja ringan bukanlah dipilih tanpa sebab dan alasan. Ada beberapa poin yang menjadikan baja ringan sebagai bahan yang tepat dalam pembuatan rangka atap. Berikut merupakan beberapa kelebihan yang harus kamu ketahui.

Baca Juga :

Kemudahan Dalam Pemasangan Rangka Atap Masjid dan Mushola

Kemudahan Dalam Pemasangan Rangka Atap Masjid dan Mushola

judul gambar

Model atap masjid baja ringan memiliki proses pemasangan yang lebih mudah dibandingkan dengan bahan lain. Hal ini dikarenakan beratnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan material lain. Keringanan inilah yang akan mempermudah pekerja selama pemasangan nanti. Tidak hanya sampai di situ saja, material ini memiliki proses penyambungan yang lebih simpel.

Karakteristik bahan yang lentur membuat baja ringan menjadi lebih mudah untuk dipotong dan disesuaikan dengan rangka atap masjid yang telah kamu siapkan. Material ini juga bisa disambung dengan rangka atap jenis lain dengan menggunakan perantara baja.

Material yang Tahan Lama

Material yang Tahan Lama

Meskipun dinilai ringan, jenis baja yang satu ini bisa memiliki usia yang tahan lama. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut adalah struktur bahan yang tidak mudah memuai. Selain itu, model atap masjid baja ringan juga memiliki sifat tahan keropos dan karat sehingga mampu mempertahankan bentuk atap dengan baik. Susunannya yang terbuat dari logam juga memberikan baja ringan kemampuan untuk tahan terhadap rayap. Berbeda dengan bahan kayu yang bisa saja rapuh termakan usia dan hama rayap.

Gambar Mushola Sederhana untuk Referensi

Gambar Mushola Sederhana untuk Referensi

Indonesia memiliki beragam bentuk masjid dan mushola yang disesuaikan dengan karakteristik setiap daerah. Walau begitu, kamu tidak perlu terlalu pusing dalam memikirkan desain tempat ibadah. Jika masih belum menemukan desain yang cocok,  berikut adalah beberapa gambar dari mushola yang bisa dijadikan referensi:

Gambar Mushola Sederhana

Gambar Mushola Sederhana untuk Referensi

Dua gambar di atas hanyalah referensi dari gambar mushola sederhana yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Desain yang terbilang simpel dengan model atap berupa limas. Kamu juga bisa menggunakan bahan baja ringan sebagai kerangka dari atap agar menjadi lebih kokoh dan tahan lama.

Mushola Sederhana untuk Referensi

Gambar Mushola Sederhana untuk Referensi

Ketahui :

Itulah penjelasan singkat dari model atap masjid baja ringan beserta gambar dan penjelasannya. Jangan lupa untuk menggunakan bahan terbaik agar kualitas bangunan menjadi lebih kuat dan nyaman untuk digunakan.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text