Jenis Model Rangka Atap Plafon Miring, Apa Saja Kelebihannya?

Rangka atap plafon miring — Plafon atap biasanya terlihat mendatar. Bentuk mendatar ini banyak dibuat variasi. Mulai dari trap, floating ceiling, drop ceiling, up ceiling dsb. Nah kalau atap miring ini atap plafon mengikuti rangka atap genteng rumah yang miring. Lalu apa alasan seseorang membuat plafon miring mengikuti bentuk genteng ini? Apa saja kelebihan plafon miring? Mungkin belum banyak orang yang tahu atas pertanyaan ini semua ya? Mungkin termasuk Anda juga? Yuk cari tahu disini, di rwhome.web.id!

Alasan bikin rangka atap plafon miring

Berbicara tentang alasan, maka kita akan melihat beberapa kelebihan plafon miring ini.

rangka plafon miring mengikuti bentuk genteng

Kelebihan plafon miring

Tak dapat dipungkiri, jika atap plafon miring ini terlihat lebih unik, dan berbeda dengan yang lain. Dan memang, atap plafon yang miring tersebut masih sedikit orang yang membuatnya. Hal inilah yang membuat orang melihat terasa unik!

rangka atap plafon miring
Rangka atap plafon miring

Rangka atap plafon miring juga merupakan gaya rumah ala Eropa Timur lhoh! Rumah tersebut bergaya klasik dan atap plafonnya di dalam ruangan memang berbentuk miring.

Alasan lainnya yaitu dengan plafon miring mengikuti bentuk genteng maka ruangan akan terasa lebih luas. Hal ini karena atap dalam rumah terlihat lebih keatas dan tentunya terasa lebih tinggi dan juga lapang.

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar ya ….!

Lihat Dulu: Kombinasi Warna Plafon Biru Langit

Jenis plafon untuk dibuat atap miring

Lalu apa saja jenis plafon yang bisa dibuat miring? Apakah semua jenis plafon bisa dibuat miring?

Beberapa jenis plafon yang bisa dibuat miring:

1. Plafon triplek

plafon miring minimalis
Plafon triplek miring minimalis

Model plafon rumah atap miring bisa memakai bahan triplek untuk plafonnya. Triplek untuk plafon miring mudah ditemukan dan harganyapun lebih terjangkau. Namun kelemahannya triplek ini tidak tahan terhadap air. Jika ada kebocoran sebaiknya lekas diperbaiki. Karena kalau tidak maka triplek ini akan hancur terkena air.

Selain itu, bahan triplek ini adalah bahan yang mudah terbakar. Sehingga, jangan sampai api menyentuh atap plafon triplek ini.

2. Gypsum

model plafon rumah atap miring
Model plafon rumah atap miring

Gypsum adalah bahan plafon yang bisa dipakai untuk model plafon rumah atap miring. Gypsum ini tahan panas dan anti serangan rayap. Pemasangan gypsum ini juga terbilang mudah dan pastinya sudah banyak orang yang menggunakannya. Untuk kekurangannya yakni tidak tahan terhadap rembesan air serta benturan. Oleh karena itu, selalu periksa genteng, apakah ada yang bocor atau tidak.

3. Atap plafon GRC

plafon miring minimalis

judul gambar

Plafon GRC ini sekilas mirip triplek. Berbentuk datas serlihat sederhana, tetapi lebih tebal serta berat. Kelebihan GRC dibanding triplek yaitu plafon GRC terlihat lebih rapi dan elegan. Tetapi memiliki kelemahannya yakni gampang pecah serta rapuh dan pemasangannyapun harus benar-benar ahli.

4. Plafon papan kayu

kelebihan plafon miring
Atap plafon dari kayu

Papan kayu ini memang jarang dipakai untuk model plafon datar. Tetapi untuk plafon model miring, plafon papan kayu ini bisa diaplikasikan untuk mendapatkan kesan natural. Dan bahan kayu ini merupakan bahan yang ramah lingkungan sehingga sangat nyaman digunakan sebagai atap rumah. Nmun kelemahannya, jika kayu yang dipakai tidak berkualitas atau tidak di cat, maka akan rawan terkena teter. Tentu ini sangat merugikan karena akan mengotori ruangan. Selain itu, tentu bahan kayu ini akan mudah terbakar.

5. Atap plafon lumber ceiling (lambersering)

cara menghitung plafon miring

Plafon lumber ceiling bisa dipakai untuk rangka atap plafon miring, hampir sama dengan plafon papan kayu. Bedanya, lumber ceiling ini berbahan kayu kruing, yakni kayu yang berasal dari Sulawesi. Cirinya, papan kayu lebih tipis daripada plafon kayu, dan memiliki tekstur yang lebih rapi.

plafon miring minimalis
Atap plafon lumber ceiling

Lumber ceiling untuk rangka atap plafon miring akan memberikan kesan mewah dan elegan. Lumber ceiling ini banyak dipakai untuk rumah-rumah mewah dengan model plafon miring. Hal ini karena bentuknya yang unik dan artistik.

Lihat Juga: 

Model plafon rumah rangka atap miring

Berikut ini kami berikan beberapa model rangka atap plafon miring yang bisa dijadikan gambaran ataupun inspirasi. Selain itu terdapat lampu gantung yang cocok dengan rangka atap miring tersebut.

cara menghitung plafon miring

Dari beberapa model plafom rangka atap miring tersebut, sebagian besar menjadikan rangka atap miring ini pada lantai 2 rumah mereka. Hal ini mengingat atap plafon miring dipasang lebih tinggi dari permukaan sehingga menambah kesan lega dan luas untuk lantai 2.

rangka plafon miring mengikuti bentuk genteng

Untuk rumah dengan 1 lantai, model atap plafon miring akan membuat kesan ruangan yang lebih lega. Cocok jika ketinggian rumah tidak sampai 3,5 meter. Namun jika rumah Anda memiliki ketinggian 4 meter, sebaiknya tidak perlu menggunakan model plafon rumah atap miring ini.

Artikel Terkait:

Demikian pembahasan mengenai rangka atap plafon miring mengikuti bentuk genteng beserta kelebihannya.

judul gambar

Leave a Comment