Jendela Kaca Rumah Minimalis Tanpa Kusen & Cara Memasangnya

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini desain rumah pun mengalami perkembangan. Termasuk salah satunya rumah minimalis dengan jendela kaca tanpa kusen. Ya, penggunaan kaca jendela rumah minimalis tanpa kusen ini sedang menjadi favorit. Berikut merupakan penerapannya dalam rumah minimalis.

Jendela Tanpa Kusen

Baca Dulu : Model Profil Jendela Minimalis

Jendela Kaca Tanpa Kusen di Rumah Minimalis

Jendela Kaca Tanpa Kusen di Rumah Minimalis

Saat ini banyak rumah-rumah yang berdesain minimalis dengan gaya arsitektur sederhana, namun tetap menonjolkan sisi modernnya. Saat mendirikan bangunan dengan bentuk minimalis, tentu harus diperhitungkan juga sisi kekuatannya. Apalagi ketika Anda akan fokus pada peletakkan dan pemasangan kaca tanpa kusen.

Penggunaan kaca tanpa kusen sebagai jendela di rumah memang memberikan tampilan yang unik dan bisa mendapat cahaya matahari lebih banyak. Selain itu, penggunaan jendela kaca tanpa kusen juga memberikan kesan sederhana namun tetap bisa memberi kesan luas pada ruangan.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 metode untuk pemasangan jendela kaca ini, yaitu dengan kusen dan tanpa kusen. Proses pemasangan jendela kaca yang menggunakan kusen ya tentu menggunakan kusen sebagai penahannya, dan ini mudah untuk dilakukan.

Selain itu, pada metode lainnya yaitu pemasangan jendela kaca tanpa kusen. Untuk pemasangan jendela kaca ini perlu trik agar Anda dapat menempelkan kaca pada dinding secara langsung dan tidak perlu menggunakan kusen.

Kaca memang langsung dipasang begitu saja pada dinding, namun agar dihasilkan dinding kaca jendela yang tegak dan kokoh, Anda perlu mengetahui rahasia bagaimana cara memasangnya. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar kaca jendela rumah minimalis Anda ini tidak mudah rusak atau bahkan pecah.

Pada umumnya jendela jenis ini biasa digunakan untuk toko atau outlet­-outlet. Namun, untuk di rumah pun bisa, bahkan membuat kesan rumah yang lebih segar dan luas. Pada pembahasan selanjutnya akan dibahas mengenai cara memasang kaca pada kusen cor.

Baca Juga :

judul gambar

Cara Memasang Kaca pada Kusen Cor

Terdapat dua cara untuk memasang kaca pada kusen, yang pertama ialah dengan menggunakan lis, lalu yang kedua adalah dengan sistem capi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Lis

Menggunakan lis jendela

Untuk memasang kaca mati pada kusen yang terbuat dari kayu dengan menggunakan lis yaitu dengan cara menempelkan lis. Biasanya lis yang digunakan memiliki ketebalan 1 cm dan lebarnya 2/5 cm. Selain itu, untuk pemasangannya dengan cara dipaku dengan menggunakan paku lis yang ukurannya kecil.

2. Menggunakan Sistem Capi

Menggunakan Sistem Capi Untuk Jendela Tanpa Kusen

Berikutnya yaitu dengan sistem capi. Untuk pemasangan dengan cara ini, Anda tetap menggunakan lis profilnya kusen. Pada intinya profilan kusen akan Anda pahat perlahan dan berhati-hati agar lisnya nanti tidak rusak. Untuk pemahatannya dengan menggunakan alat capi yang pada umumnya digunakan untuk melamir kayu. Namun, capi dibuat tajam terlebih dahulu atau diasah.

Perlu diketahui oleh Anda bahwa saat memaku lis pada kusen, posisi palunya harus ditempelkan pada kaca, hal tersebut agar kaca tidak mudah terkena ayunan palu dan juga agar tidak mudah pecah.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memasang kaca pada kusen cor terdiri dari 2 cara yaitu dengan menggunakan lis, dan yang kedua yaitu dengan sistem capi. Kedua metode tersebut bisa Anda terapkan.

Ketahui :

Demikian tentang jendela kaca tanpa kusen yang bisa menjadi referensi untuk Anda saat akan membangun rumah minimalis. Cobalah untuk membuatnya agar rumah Anda terlihat lebih modern.

judul gambar

Leave a Comment