Contoh Gambar Rangka Plafon Drop Ceiling Beserta Ukuran

Rwhome.web.id — Drop ceiling adalah model plafon yang menampilkan sebagian besar bidang turun. Bidang tersebut turun dengan ukuran yang bervariasi, kurang lebih 15 s/d 20 cm. Jika Anda ingin memasang plafon model drop ceiling ini maka bisayanya sebesar 30 s/d 40% dari pemasangan plafon datar biasa. Hal ini dikarenakan pemasangan plafon model drop ceiling lebih rumit.

Ukuran rangka plafon drop ceiling

ukuran rangka plafon drop ceiling
Ukuran rangka plafon drop ceiling

Untuk ukuran plafon yang mau dibuat model drop ceiling tergantu dari ukuran ruangan itu sendiri. Artinya, model plafon ini bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran atau luas dari ruangan itu sendiri.

ukuran rangka plafon drop ceiling

Untuk ukuran tingkat ketinggilan plafon drop ceiling yakni 20 cm dengan 10 cm tebal serta untuk lampu 10 cm.

Rangkanya yakni dengan model grid menggunakan besi hollow ukuran 2 cm x 4 cm. Untuk menempelkan besinya menggunakan sekrup di tembok maka akan terbentuk rangka plafon utama model drop ceiling.

plafon drop turun

Selanjutnya Anda tinggal membuat rangka drop ceiling berbentuk grid lalu sambungkan pada rangka utama. Untuk menghubungkannya, pakai besi hollow dengan panjang 20 cm. Ukuran rangka drop ceiling ini lebih kecil daripada rangka utama.

Selanjutnya Anda tinggal pasang kawat penggantung (rod) dimana ini menghubungkan grid plafon dan rangka atapnya.

ukuran plafon drop ceiling
Ukuran plafon drop ceiling

Berikutnya tinggal melakukan instalasi listrik. Buatlah yang rapi dan pakailah lampu model selang agar mudah dalam memasangnya.

Berikutnya Anda tinggal memasang gypsum pada rangka plafon drop ceiling. Pakai amplas dan kompon untuk meratakan dan menghaluskan sambungan, jika sudah bisa langsung di cat.

cara membuat rangka plafon trap

Plafon model drop ceiling ini memang tengah populer dikalangan masyarakat saat ini. Banyak yang menggunakan model plafond jenis ini.

Pasalanya, dengan desain drop ceilign ini maka ruangan akan terasa lebih lega. Selain itu, plafon model drop ceiling ini membuat ruangan terasa lebih mewah, minimalis dan enak dilihat.

judul gambar
gambar plafon drop ceiling
Gambar rangka plafon drop ceiling

Ya, ruangan akan terasa lebih cantik dengan desain plafon drop ceiling ini.

Apalagi ditambah dengan adanya lampu pada tiap-tiap bagian plafon yang menghasilkan cahaya yang lembut dan tidak menyilaukan mata. Ini akan membuat ruangan terasa lebih mewah.

gambar rangka drop ceiling

Bahan yang dipakai dalam membuat atap drop ceiling ini adalah gypsum, besi hollow, sekrup, kompon, dll.

Cara membuat rangka plafon trap atau drop ceiling ini lebih rumit daripada plafon rata yang biasa dibuat dengan eternit. Karena untuk membuat model trap atau drop ceiling ini perlu rangka plafond bertingkat.

rangka plafon drop gantung
Contoh gambar rangka plafon drop gantung

Untuk model dari plafon drop ceiling ada beberapa yang bisa Anda jadikan pilihan. Diantaranya: Model plafon drop ceiling meliuk, model ukiran serta model persegi.

Model plafon driop ceiling  memiliki fungsi yang lain yakni sebahai pembatas antar ruangan.

contoh rangka plafon drop ceiling

Dibuatnya plafon model drop ceiling ini adalah untuk menambah nilai estetika dalam desain interior rumah. Baik itu rumah bergaya modern, minimalis atau lainnya, model plafon ini bisa jadi pilihan.

Lihat Juga: Model Plafon Triplek Minimalis

Namun dari berbagai kelebihan tersebut, pastinya ada kekurangannya. Diantaranya adalah, kita harus sering membersihkannya karena terdapat seperti rongga dimana ini bisa cepat kotor jika kita tidak rajin untuk membersihkannya.

ukuran rangka plafon drop ceiling

Selain itu, terdapat bagian sela-sela plafon dimana ini bisa jadi tempat strategis binatang atau serangga rumah untuk bersembunyi, terutama cicak. Untuk itu, sering-seringlah untuk membersihkan plafon ini agar tidak menjadi sarang cicak.

Lihat Juga: Warna Cat Plafon Rumah Minimalis 2021

Nah itulah pembahasan tentang rangka plafon drop ceiling beserta ukuran dan contoh gambarnya. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text