Cara Menghitung Kebutuhan & Harga Pasang Plafon Gypsum Plus Bahan

Diantara sekian banyak jenis plafon yang ada di pasaran, plafon gypsum merupakan tipe yang paling banyak diminati. Dibandingkan plafon jenis lain sepert PVC, GRC, dan sejenisnya, harga pasang plafon gypsum plus bahan yang relatif lebih murah serta cara menghitung kebutuhan plafon gypsum pun jauh lebih simpel.

Cara menghitung kebutuhan plafon gypsumTak hanya itu, plafon gypsum pun lebih mudah didapatkan karena selalu tersedia di toko-toko bahan bangunan dan konstruksi. Banyak juga pihak yang menawarkan jasa pemasangan plafon gypsum baik secara borongan maupun harian agar memberikan lebih banyak kemudahan bagi mereka yang tidak dapat memasangnya sendiri.

Harga Pasang Plafon Gypsum Plus Bahan

Berikut ini upah pasang plafon gypsum per meter dengan sistem borongan:

No.JenisSatuanBiaya / HargaKeterangan
1.Upah Tenaga Kerjam2Rp50.000 – Rp75.000Upah borongan / orang
2.Plafon Gypsumm2Rp170.000 – Rp200.000Plus bahan
3.Plafon PVCm2Rp210.000 – Rp250.000Plus bahan
4.Plafon GRCm2Rp170.000 – Rp190.000Plus bahan
5.Hollow galvanisGratis – Rp50.000Satu paket pemasangan
6.Model drop ovalm1Rp50.000 – 70.000Termasuk pemasangan
7.Model drop up downm1Rp100.000 – 120.000Termasuk pemasangan

Penjelasan:

  1. Biaya yang kami cantumkan di atas merupakan kisaran rata-rata harga borong tenaga pasang plafon gypsum 2022 di wilayah Jabodetabek.
  2. Upah pasang belum termasuk upah bongkar sehingga jika plafon sebelumnya masih belum dibongkar maka kalian akan dikenakan biaya tambahan untuk pembongkaran.
  3. Harga borongan pasang plafon gypsum per meter tersebut sudah termasuk pembelian alat dan bahan yang dibutuhkan, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya apapun termasuk biaya makanan untuk tukang.
  4. Tiap daerah memiliki harga plafon yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi biaya pemasangan plafonnya.

Ketahui: Ukuran Rangka Plafon Gypsum

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum

Cara menghitung kebutuhan plafon gypsumBerikut langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk menghitung kebutuhan plafon gypsum sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan seberapa banyak pengeluaran yang kalian perlukan:

judul gambar

1)     Menghitung Total Papan Gypsum

Papan gypsum atau lembaran gypsum merupakan bahan utama yang akan kita gunakan sebagai plafon. Biasanya, ukuran gypsum perlembar sesuai dengan standar ialah seluas 1,4 m x 1,2 meter. Kalian dapat melihat tabel berikut untuk melihat detail rinciannya.

JenisPanjangLebarRumusKebutuhan
Ukuran Gypsum1,4 meter1,2 meterPanjang x lebar2,88 m2
Contoh Luas Ruangan20 meter10 meterLuas ruangan : luas papan70 lembar

Dari contoh di atas dapat kita lihat, bahwa untuk ukuran ruangan dengan panjang 20 meter dan lebar 10 meter akan membutuhkan total 70 lembar papan plafon gypsum. Jadi kalian bisa menyesuaikan sendiri perhitungannya dengna luas ruangan yang kalian miliki.

Ketahui: Harga Partisi Gypsum Rangka Baja Ringan

1)     Menghitung Kebutuhan Kawat Hollow

Kawat hollow diperlukan sebagai rangka dan kawat penyangga agar papan gypsum kokoh dan tidak berjatuhan. Ukuran kawat hollow yang bisa kalian gunakan ialah sekitar 2 mm atau bisa dengan ukuran yang lebih tebal lagi sesuai keinginan kalian.

Untuk pembuatan rangka hollow, setidaknya dibutuhkan kawat seukuran 60 cm untuk rangka vertikal dan untuk crossnya dibuat 3 baris tambahan pada bagian tengah dan 2 rangka di tepi kanan kirinya agar strukturnya kuat.

Berikut contoh menghitung kebutuhan kawat hollow pada ruangan berukuran 10 meter x 10 meter jika dijabarkan secara detail:

  • Jarang rangka kawat hollow 60 cm = 0,6 m
  • Total rangka isian = 10 meter / 0,6 meter = 16 baris
  • Jumlah rangka vertikal = 16 x 10 m = 160 m
  • Jumlah rangka cross = 3 baris x 10 m = 30
  • Total keliling ruangan = 10m x 4 = 40 m
  • Jumlah rangka kawat hollow = total keliling ruang + total rangka vertikal + total rangka cross = 40 + 160 + 30 = 230 m

Baca Juga: Contoh RAB Atap Baja Ringan Excel

Nah, apabila panjang kawat hollow / batang ialah sekitar 4 meter, maka untuk menghitung total keseluruhan panjang kawat yang dibutuhkan ialah:

  • Panjang kawat hollow per batang= 4 meter
  • Total kebutuhan = 230 / 4 = estimasi 58 batang

2)     Menghitung List Gypsum

Harga Pasang plafon gypsum plus bahan
Harga Pasang plafon gypsum plus bahan

Setelah menghitung total papan gypsum dan kebutuhan rangka hollownya, ada satu hal lagi yang perlu kalian hitung yakni total list gypsum yang berguna untuk menghitung total luas permukaan plafon yang dibutuhkan. Untuk menghitungnya sangatlah mudah, silakan ikuti rinciannya di bawah ini:

  • Panjang ruangan: 10 meter
  • Lebar ruangan: 10 meter
  • List gypsum = (panjang + lebar) x 2
  • List gypsum = (10 + 10) x 2
  • List gypsum = 40 m2

Ketahui:

Itulah cara menghitung kebutuhan plafon gypsum serta harga pasang plafon gypsum plus bahan yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment