Contoh Warna Plitur Kayu Jati Natural yang Bagus

Rwhome.web.id — Plitur tidak hanya berfungsi memberikan warna pada kayu saja, melainkan juga memberikan efek mengkilat serta memberikan efek perlindungan agar kayu menjadi lebih awet dan tahan terhadap serangga. Ada banyak contoh warna plitur kayu jati yang biasa digunakan dalam proses finishing, jika ingin hasil terbaik kalian pun harus bisa menentukan warna yang tepat sesuai dengan jenis kayunya.

Contoh Warna Plitur Kayu Jati

Baca Dulu : Warna Plitur Pintu Kayu Jati

Jenis-Jenis Plitur Kayu Jati

Jenis-Jenis Plitur Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu khas Indonesia yang memiliki kualitas I dan II atau bisa dikatakan kualitas unggulan. Terlebih, untuk bagian inti kayu jati terkenal akan harganya yang super mahal dan kualitas yang sangat bagus untuk semua jenis furniture maupun bangunan rumah.

Dalam proses finishing pembuatan furniture kayu jati, sering kali digunakan plitur atau biasa disebut juga bahan poles. Fungsinya ialah membentuk coating atau lapisan luar yang akan membuat kayu tampak lebih bagus dan awet.

Jika dilihat dari jenisnya, plitur kayu dibagi menjadi dua jenis yakni water based dan solvent based yang keduanya memiliki ciri khasnya masing-masing, berikut diantaranya:

NoWater BasedSolvent Based
1Bahan dasarnya air sehingga relatif amanBerbahan dasar resin shellac yang berbahaya dan berbau menyengat
2Warnanya lebih bening dan transparanMemberikan pigmen warna yang pekat dan kental
3Warna plitur kayu natural

tanpa menghilangkan serat kayu

Tampilannya kurang natural karena serat kayu tertutup oleh pigmen warna
4Banyak pilihan hasil kilap seperti doff, glossy, high glossy dan lainnyaHasil kilap umumnya hanya glossy dan high glossy saja
5Menggunakan pelarut air sehingga amanMenggunakan pelarut minyak yang terbuat dari spritus sehingga berbahaya
6Kurang tahan terhadap air dan air hujanLebih tahan terhadap air dan guyuran hujan deras

Baca Juga :

Contoh Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus

Berikut contoh warna plitur kayu water based yang bagus yang biasa digunakan dalam furniture maupun dalam bahan bangunan:

judul gambar

a) Light Brown

Plitur Light Brown

Plitur warna jati yang paling populer digunakan adalah light brown yang ciri khasnya ialah mengkilap  dan warnanya light atau ringan.

Untuk perabotan dan furniture yang berukir, maka kami sarankan menggunakan warna ini karena tampilannya akan cerah dan mengkilat hingga sisi terdalam ukiran.

b) Walnut Brown

Cat Plitur Walnut Brown

Berbeda dengan light brown, plitur walnut brown lebih banyak dipakai pada kayu walnut khas Amerika.

Namun kalian bisa menggunakannya pada kayu jati agar menghasilkan warna gelap yang eksotis dan mirip kayu walnut aslinya.

c) Dark Teak

Plitur Warna Dark Teak

Dark teak akan memberikan hasil warna yang gelap sehingga tampilannya akan lebih berkesan. Namun hal ini akan membuat serat kayu agak tertutup sehingga tampilannya kurang berkelas.

Umumnya, warna plitur kayu natural dark teak ini digunakan untuk lantai kayu yang digunakan pada ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga agar nuansa rumah tampak elegan.

d) Gardena Teak

Cat Plitur Gardena Teak

Jika kalian sedang mencari merk plitur kayu jati yang bagus, maka pilihlah merek yang memiliki warna gardena teak.

Warna ini memiliki tampilan akhir matte dan glossy sehingga tampak mengkilap dan indah. Pigmen warnanya pun mirip sekali dengan kayu jati aslinya.

e) Red Teak

Cat Plitur Red Teak

Red teak memiliki karakteristik warna berupa kemewahan layaknya warna kayu jati yang baru dipotong.

Biasanya, penggunaan red teak ialah untuk memberi warna kayu jati agar tampak segar seperti habis dipotong.

Ketahui :

Nah itulah beberapa contoh warna plitur kayu jati yang bisa kalian gunakan dalam proses finishing atau coating pada pembuatan furniture.

judul gambar

Leave a Comment