Cara Pasang Parket Lantai Kayu Solid

Parket atau lantai dari bahan kayu memang mempunyai pesona tersendiri, khususnya bagi penggemar desain minimalis dan natural. Cara pasang parket lantai pun terbilang mudah dan praktis, Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini agar parket terpasang sesuai dengan harapan.

Cara Pasang Parket Lantai

Baca Dulu : Perpaduan Warna Keramik Lantai dan Dinding

Tahapan / Cara Pasang Parket Lantai

Proses instalasi atau cara pasang parket lantai kayu tidaklah sulit. Walaupun Anda bukan seorang tukang kayu maupun pekerja bangunan tetap bisa melakukan hal itu. Ikuti langkah-langh berikut ini agar mudah dalam memasang parket lantai hingga tahap finishing.

  • Bersihkan & Ratakan Permukaan Lantai

Bersihkan & Ratakan Permukaan Lantai

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dan meratakan permukaan lantai. Gunakan sapu ijuk atau penyedot debu untuk membersihkan semua kotoran di lantai agar lebih merata.

Buang semua beton atau sisa dempul yang mungkin masih tercecer di lantai agar permukaan menjadi rata. Anda bisa memakai amplas halus atau palu apabila benjolan dirasa keras dan sulit dibuang menggunakan amplas.

  • Persiapan Alat & Bahan

Persiapan Alat & Bahan

Langkah selanjutnya pada proses cara pemasangan lantai kayu yakni mempersiapkan alat dan bahan. Beberapa peralatan yang harus Anda siapkan diantaranya; gergaji, kape/scrap, mesin amplas/gerinda, benang, paku, serta alat kebersihan.

Bahan-bahan yang diperlukan tentunya parket lantai, lem kayu, serta finishing. Anda bisa memakai dempul, sanding sealer, resin atau epoxy untuk menyempurnakan hasil akhir. Jangan lupa untuk mengeluarkan parket dari dalam kardus selama beberapa waktu untuk adaptasi suhu.

  • Lumuri Lem Kayu pada Dasar Lantai

Lumuri Lem Kayu pada Dasar Lantai

Setelah semua peralatan dan bahan terkumpul seluruhnya, lanjutkan dengan melumuri permukaan lantai dengan lem kayu secara merata. Gunakan kape untuk memudahkan proses perataan. Pastikan seluruh bagian tertutup lem dengan sempurna.

  • Memotong Bagian Parket untuk Area yang tidak Tertutupi

Memotong Bagian Parket untuk Area yang tidak Tertutupi

Mengingat dimensi ruangan yang tidak selalu simetris, maka Anda harus memotong parket sesuai pola ruangan. Hal ini memang biasa terjadi dalam proses pemasangan parket. Kemampuan inilah yang harus dikuasai oleh para pemula pada rangkaian cara pasang lantai kayu solid.

judul gambar
  • Mulai Memasang Lempengan Parket

 Memasang Lempengan Parket

Anda bisa memulai pemasangan lempengan parket pada bagian lantai yang sudah dilumuri lem kayu. Rapatkan antar sisi dengan bantuan palu. Pastikan semua bagian saling berhimpitan dan tidak memiliki rongga agar lebih kuat.

  • Proses Finishing (Coating) pada permukaan Parket

Cara pasang parket lantai terakhir adalah melakukan finishing pada permukaan parket. Anda bisa menggunakan dempul untuk menutup celah atau rongga antar parket. Guna mendapatkan hasil akhir yang maksimal, lumuri dengan cairan epoxy atau resin agar permukaan lebih mengkilap dan solid.

Baca Juga :

Jenis-Jenis Parket Lantai

Setelah Anda menyimak cara memasang parket lantai diatas, maka jangan lewatkan pula uraian di bawah ini. Ada banyak varian dan jenis parket lantai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pribadi.

  • Unfinished Hardwood Floor

Unfinished Hardwood Floor

Sesuai dengan namanya, unfinished hardwood floor merupakan parket lantai yang masih mentah. Produk tersebut memang sengaja dibuat oleh produsen untuk konsumen yang menginginkan pewarnaan sesuai dengan selera masing-masing.

  • Finished Hardwood Floor

Finished Hardwood Floor

Jenis kedua adalah finished hardwood floor dengan spesifikasi yang lebih halus karena sudah melalui proses pengamplasan di pabrik. Selain itu, parket jenis ini sudah dikemas dan disegel dari pabrik pembuatnya, sehingga kualitas pun lebih terjamin.

  • Lantai Kayu Solid

Lantai Kayu Solid

Bagi Anda yang menyukai nuansa natural di dalam hunian rumah, maka lantai kayu solid menjadi pilihan utama.

Ketahui :

Selain memiliki pesona yang menawan, parket jenis ini terbilang kuat dan memiliki daya tahan yang bagus. Gunakan resin atau epoxy untuk melindunginya dari perubahan suhu ekstrim.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text