Cara Mengecat Tembok Motif Garis Horizontal & Kotak

Cara mengecat tembok motif garis horizontal dan kotak-kotak bisa dilakukan dengan mudah. Nantinya, untuk bisa mengecat tembok dengan motif yang sesuai keinginan, kamu akan membutuhkan beberapa trik tertentu. Maka dari itu, disini kami tidak hanya akan membahas tentang hal itu, tapi juga akan membahas tentang cara mengecat tembok motif kotak-kotak, cara mengecat tembok garis 2 warna, serta tips memilih cat dinding motif garis abstrak dan motif cat dinding unik.

Cara Mengecat Tembok Motif Garis Horizontal

Baca Dulu : Cat Kamar Warna Biru Tosca

Cara mengecat tembok motif garis horizontal dan garis 2 warna secara tepat

Cara mengecat tembok motif garis horizontal dan garis 2 warna secara tepat

1. Persiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan

Siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan

Untuk memulai aktivitas ini, tentu kamu harus mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan terlebih dahulu, yaitu cat tembok, kuas cat, tangga, selotip, dan kain kotor untuk membersihkan noda-noda cat yang terkena di beberapa barang tertentu. Setelah semua perlengkapan sudah siap, baru langkah selanjutnya bisa dilakukan.

2. Tempelkan selotip pada dinding

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai pengecatan dinding ini, menempelkan selotip pada dinding sesuai dengan motif horizontal yang diinginkan. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membuat warna garis supaya bisa tetap lurus. Usahakan untuk menggunakan selotip besar, supaya proses pengecatan bisa dilakukan secara lebih mudah.

3. Lakukan proses pengecatan dinding

Jika kamu sudah menempelkan selotip ke dinding sesuai dengan motif horizontal yang diinginkan, maka sekarang kamu bisa langsung mengecat tembok atau dinding tersebut. Usahakan proses pengecatan ini jangan sampai mengenai selotip kertas yang sudah ditempelkan untuk menjadi pembatas tersebut. Selain itu, lakukan proses pengecatan secara horizontal supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Nantinya, jika kamu ingin menggunakan warna kombinasi di antara dinding tersebut, maka kamu bisa memilih 2 warna yang masih memiliki kesan yang mirip, supaya desain dari rumahmu bisa semakin terlihat menarik. Pastikan kedua cat dengan warna yang berbeda tersebut diaplikasikan di bagian dinding yang sesuai dengan desainnya.

Ketahui :

4. Lepas selotip dari dinding dan tunggu hingga kering

Setelah semua bagian dinding sudah dicat dengan menggunakan cat pilihan yang terbaik, maka sekarang kamu perlu melepaskan selotip tersebut secara perlahan. Pastikan proses ini dilakukan setelah cat sudah kering, supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Jika proses tersebut sudah dilakukan, maka tunggu beberapa saat lagi sampai cat dinding benar-benar sudah kering 100%.

Cara mengecat tembok motif kotak-kotak

Cara mengecat tembok motif kotak-kotak

judul gambar

1. Siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu segala perlengkapan yang dibutuhkan. Beberapa jenis perlengkapan yang dibutuhkan adalah waterpass, cutter, kape, pensil, isolasi kertas, kuas atau spons, serta cat pilihan. Pastikan semua perlengkapan yang dipilih memiliki kualitas yang paling terbaik.

2. Gunakan waterpass untuk membuat desain

Waterpass ini akan digunakan untuk membuat desain yang sesuai dengan keinginan. Dalam proses ini, gambarlah desain tersebut di dinding dengan menggunakan waterpass dan pensil. Nantinya, pastikan air yang ada di waterpass tersebut berada dalam garis lurus yang sesuai dengan motif kotak-kotak yang diinginkan.

3. Tempelkan isolasi kertas di bagian dinding

Tempelkan isolasi kertas di bagian dinding

Ketika motif kotak-kotak sudah digambar dengan baik, maka sekarang kamu perlu memberikan tanda dengan cara menempelkan isolasi kertas tersebut ke bagian dinding. Pastikan isolasi kertas tersebut ditempelkan di setiap garis lurus yang sudah digambar tadi.

4. Cat bagian dalam isolasi dan lepaskan isolasinya

Setelah melakukan tahapan tersebut, sekarang kamu bisa masuk ke tahapan mengecat bagian dalam isolasinya dengan baik. Lakukan tahapan ini secara perlahan, supaya bagian luar isolasi tidak terkena cat yang sedang digunakan. Jika tahapan ini sudah berhasil dilakukan, maka lepaskan isolasi tersebut ketika cat sudah kering.

Tips memilih cat dinding motif garis abstrak yang unik

Tips memilih cat dinding motif garis abstrak yang unik

1. Pilih warna cat yang memiliki kesan mirip

Jangan menggunakan kombinasi warna untuk mengecat dinding motif garis abstrak yang tidak seimbang. Sebab, hal ini akan mengganggu penampilan cantik dari dinding di rumahmu. Maka dari itu, pastikan warna cat yang kamu pilih memiliki kesan yang mirip dan cocok satu sama lain.

2. Pilih motif abstrak yang paling sesuai dengan desain rumah

Pilih motif abstrak yang paling sesuai dengan desain rumah

Meski keunikan adalah salah satu poin penting dari proses pengecatan dinding ini, akan tetapi kamu tetap harus memilih motif abstrak yang masih sesuai dengan desain interior rumahmu. Dengan begitu, penampilan rumahmu bisa terlihat lebih menarik.

3. Pastikan untuk menggunakan isolasi kertas dalam pengerjaannya

Selalu sediakan isolasi kertas ketika kamu hendak melakukan aktivitas ini. Sebab, isolasi kertas merupakan salah satu bahan terpenting dalam mengecat dinding dengan motif garis horizontal, kotak-kotak, maupun garis abstrak yang unik.

Artikel Terkait :

Untuk melakukan cara mengecat tembok motif garis horizontal, kotak-kotak, 2 warna, maupun abstrak, kamu bisa memperhatikan beberapa tips yang ada di atas. Dengan begitu, tampilan rumahmu bisa terlihat semakin cantik, indah, dan menawan.

judul gambar

Leave a Comment