Contoh RAB Pemasangan Plafon PVC Minimalis + Perhitungan Harga

Membuat Rab plafon PVC dan perhitungan tidak ada salahnya sebelum Anda memesan jasa pemasangan plafon PVC untuk mendesain plafon yang cantik ataupun minimalis. Contoh RAB plafon PVC sendiri sudah bisa Anda cari di internet beserta cara menghitungnya. Plafon ini sering dijadikan pilihan untuk jenis rumah minimalis karena desainnya dan juga karena kelebihannya yang tahan rembesan air. Bila anda ingin membangun plafon rumah, maka anda wajib mengetahui beberapa informasi berikut ini.

Contoh RAB & Perhitungan Pemasangan Plafon PVC

rab plafon pvc

  1. Menghitung Kebutuhan Bahan Material Pendukung

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghitung estimasi biaya rab pasang plafon PVC adalah dengan menghitung kebutuhan bahan material pendukung terlebih dahulu. Material pendukung dalam pemasangan plafon ini penting dimasukkan dalam anggaran belanja. Material yang dibutuhkan akan menunjang pemasangan 1 plafon PVC.

Material bahan yang dibutuhkan adalah:

 Lem G 1 pcs, Paku Beton 12 pcs, Sealent white 1 botol, Skrup gypsum 0,3 dus, Kawat gantung 1 kg, dan Benang nilon 1 roll.

Untuk estimasi biaya bahan material pendukung ini adalah sekitar Rp 85.3 ribu. Namun harga tersebut adalah relatif, dan tergantung dengan harga bahan material di kota anda masing masing.

Baca Juga: Pabrik Plafon PVC

  1. Menghitung Biaya Bahan Plafon PVC

Langkah selanjutnya dalam perhitungan adalah harga plafon PVC sendiri. Perhitungan biaya akan dilakukan mulai lis hingga pembelian rangka hollow galvalum. Untuk contoh simulasi perhitungannya, anda bisa mulai dengan menentukan bahan plafonnya. Misalnya bila menggunakan contoh rab pemasangan plafon PVC dengan harga Rp 30 ribu per meternya.

Kemudian harga lis rab plafon PVC Rp 18 ribu, Harga Harga hollow galvalum dengan ukuran 4 x 4 Rp 23 ribu, dan Harga hollow galvalum dengan ukuran 2 x 4 Rp 16 ribu. Kemudian anda akan menghitung estimasi untuk memasang plafon dengan luas 9 meter persegi. Maka rumus yang digunakan untuk menghitung harga plafon adalah 10 lembar x Rp 30 ribu x 3 m = Rp 900 ribu.

Kemudian menghitung estimasi biaya Lis PVC adalah dengan rumus 3 batang x Rp 18 ribu x 4 meter = Rp 216 ribu. Harga estimasi Hollow galvalum 4 x 4 dihitung dengan rumus 3 batang x Rp 23 ribu = Rp 69.000. Dan yang terakhir Hollow galvalum 2 x 4 dihitung dengan rumus 5 batang x Rp 16 ribu = Rp 80 ribu.

Dari perhitungan tiap kebutuhan bahan diatas, maka anda akan menemukan jumlah total biaya pembelian rab pemasangan plafon PVC  adalah sekitar Rp 1.2 juta tepatnya Rp 1.265.000. Biaya pembelian plafon tersebut akan bisa digunakan untuk luas ruangan 9 meter persegi. Setelah menghitung kebutuhan pembelian bahan, maka lanjut ke perhitungan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Pasang lis Plafon PVC

judul gambar
  1. Estimasi Ongkos Pekerja

Perhitungan yang terakhir dan penting adalah ongkos pekerja. Pekerja dengan sistem borongan akan disarankan karena lebih murah daripada dengan sistem harian. Misalkan harga borongan pemasangan plafon adalah sekitar Rp 45 ribu per meter perseginya. Maka rumus hitung yang bisa anda gunakan adalah 9 meter persegi x Rp 45 ribu = Rp 405 ribu.

Setelah menemukan harga tersebut maka anda bisa menjumlahkan total biaya keseluruhan dan pemasangan rab plafon PVC. Biaya bahan material pendukung Rp 85.3 ribu + biaya beli plafon PVC Rp 1.2 juta  + Biaya ongkos pekerja Rp 405 ribu sehingga totalnya adalah Rp 1.8 juta. Cara perhitungannya cukup mudah bukan, anda bisa menerapkannya sekarang.

Baca:

Kelebihan Menggunakan Rab Plafon Jenis PVC

  1. Mudah dan Variasi Desain Banyak

Salah satu kelebihan dari plafon bahan PVC ini adalah mudah dalam pemasangannya. Jenis plafon ini seringkali dipilih untuk melengkapi hunian dengan desain minimalis. Selain itu, desain plafon jenis PVC sudah banyak tersedia dengan berbagai desain yang menarik. Desain plafon ini bisa anda temukan dipasaran dengan mudah.

Tips yang bisa anda gunakan dan penting adalah dengan memilih ukuran plafon PVC yang sesuai kebutuhan hunian. Selain itu contoh rab plafon PVC  sudah tersedia dengan berbagai merk yang berkualitas, sehingga penting untuk anda memilih diantara merk tersebut yang cocok. Bahan plafon PVC yang elastis juga disarankan agar plafon lebih tahan lama.

  1. Cara Perawatan Yang Mudah

Keunggulan lainnya dari plafon jenis PVC adalah perawatannya yang mudah dan juga murah. Jenis plafon PVC minimalis ini tidak mudah dimakan serangga ataupun tidak mudah terbakar, sehingga tingkat kerusakannya pun lebih lama. Bahkan jenis plafon ini tak mudah rusak walaupun terkena rembesan air.

Sehingga membuat jenis rab plafon PVC lebih tahan lama bila digunakan. Anda tidak perlu sering mengganti plafon anda dengan yang baru bila menggunakan PVC. Daya tahannya yang tinggi ini selalu menjadi pertimbangan bila ingin memasang plafon. Plafon jenis PVC walaupun bobotnya tidak terlalu berat namun daya tahan agar tidak pecahnya cukup tinggi.

Baca Juga:

Membangun rumah memang membutuhkan perincian dan perencanaan biaya yang matang. Hal ini bertujuan untuk mencegah pembengkakan dalam biaya pembangunan rumah. Anda bisa menggunakan tips dan cara diatas untuk memasang plafon hunian anda dengan perhitungan yang lebih tepat.

judul gambar

Leave a Comment