Denah Rumah Minimalis 2 & 3 Kamar Tidur Ukuran 6×9 1 Lantai

Denah rumah 6×9 3 kamar tidur 1 lantai menjadi pilihan banyak orang. Dengan anggota keluarga ayah ibu dengan 3 anak pun masih nyaman dihuni.

Denah rumah 2 kamar ukuran 6×9 bisa lebih nyaman lagi karena Anda hanya memiliki 2 anak atau 1 anak saja. Rumah dengan ukuran 2 kamar tidur dengan anggota keluarga 4 orang masih cukup lega Anda rasakan didalam rumah.

Bagaimana jika anggota keluarga sampai 6 atau 7 orang didalamnya? Dengan ukuran 6×9, membuat 3 kamar dengan 2 lantai rumah bisa jadi pilihan. Bagaimana denah rumah dan desain eksterior nya? Simak artikelnya dibawah ini lengkap dengan gambar denah dan model rumahnya!


denah rumah 2 kamar ukuran 6x9

Bagi anda yang baru saja menikah dan ingin membangun rumah, hunian berukuran 6×9 atau sekitar 63 meter persegi bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya ukuran tersebut sangat sesuai untuk rumah minimalis, bisa dibangun 1 lantai maupun 2 lantai dan cukup untuk keluarga dengan anggota 3 sampai 4 orang. Sebagai inspirasi, berikut contoh denah rumah 2 kamar ukuran 6×9 dan model lainnya yang dapat ditiru.

Denah Rumah 2 Kamar Ukuran 6×9 Dan 3 Kamar 1 Serta 2 Lantai

  1. Rumah 2 Kamar Minimalis dan Sederhana

Denah rumah minimalis 2 kamar tidur ukuran 6×9 merupakan salah satu favorit masyarakat urban. Bahkan rumah berukuran minimalis dengan konsep yang cenderung sederhana seperti ini sekarang jauh lebih diidamkan, bila dibandingkan dengan rumah berukuran luas. Sebab perawatannya termasuk mudah, namun tetap mampu menunjang kebutuhan dan menampilkan kesan modern dan elegan.

denah rumah 2 kamar ukuran 6x9
Denah rumah 2 kamar ukuran 6×9 minimalis sederhana
denah rumah ukuran 6x9 2 kamar tidur
Denah rumah ukuran 6×9 2 kamar tidur sederhana

Dengan 2 kamar tidur untuk orang tua dan anak, tidak ada fitur tambahan selain fitur fitur utama yang dibangun pada hunian minimalis ukuran 6×9. Juga tidak ada taman ataupun garasi yang dibuat pada denah ini, melainkan ukuran tanah dioptimalkan untuk bagian dari ruang utama. Sehingga ruang utama pada konsep ini tentunya terbilang cukup luas untuk menunjang anggota keluarga.

  1. Desain Eksterior Rumah Minimalis 2 Kamar dengan 2 Lantai

Denah rumah 2 kamar ukuran 6×9 juga bisa dibuat dalam bentuk 2 lantai. Sehingga denah rumah ukuran 6×9 2 kamar tidur seperti ini bisa dibuat dengan kamar yang ditempatkan di lantai 2. Sementara pada lantai 1 bisa dimanfaatkan untuk beberapa fitur utama, seperti ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang makan, hingga ruang keluarga.

denah rumah minimalis 2 kamar ukuran 6x9

Apabila tidak ada ruang untuk halaman belakang atau depan, maka anda bisa menggunakan konsep desain dengan atap miring yang memiliki tambahan atap dak. Tambahan atap dak tersebut bisa digunakan sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Di samping itu, desain seperti itu akan membuat tampilan rumah seolah memiliki 3 tingkat.

judul gambar
  1. Denah Rumah 6×9 3 Kamar Tidur 1 Lantai dengan Lounge

Selain denah rumah minimalis 2 kamar ukuran 6×9, anda juga bisa menerapkan denah rumah 6×9 3 kamar tidur 1 lantai. Umumnya, untuk lahan seluas ini memang diutamakan untuk ruangan utama layaknya kamar tidur hingga dapur. Akan tetapi, alih alih mengoptimalkan luas lahan untuk fitur utama hunian, untuk menentukan luas ruang pun terkadang kita salah. Misal, dapur sempit, tapi teras terlalu luas. Atau ruang keluarga tidak terlalu luas, namun ruang tamu malah terasa luas. Ini tentunya kurang tepat dalam membuat denah rumah, apalagi ukuran 6×9 yang perlu pemikiran matang dalam memilih denah rumah yang tepat. Memang dalam menentukan denah rumah harus disesuaikan juga dengan kebutuhan. Namun tentunya perlu dipertimbangkan juga dari segi kenyamanan dan kebiasaan keluarga masing-masing.

denah rumah 6x9 3 kamar tidur 1 lantai
Denah rumah 6×9 3 kamar tidur 1 lantai

Anda juga dapat membuat sesuatu yang unik seperti menampilkan sebuah lounge sekaligus ruang tamu di rumah. Dengan ukuran lounge yang cukup besar, maka ruangan yang ada di rumah hanya 3 buah kamar tidur, lounge, dapur, dan kamar mandi saja. Terlihat sederhana, namun sangat cocok bagi anda yang sering menerima kunjungan tamu.

Lihat Juga: Denah Rumah Ukuran 7×9 2 Kamar Tidur

  1. Denah Rumah 6×9 3 Kamar Tidur 1 Lantai Dengan Beranda

Denah rumah ukuran 6×9 3 kamar tidur 2 lantai bisa diterapkan apabila anda ingin memiliki beranda di rumah. Meski ukuran kamar pada konsep ini tentu tidak bisa seluas denah rumah 2 kamar ukuran 6×9 2 lantai, namun tambahan beranda akan membuat terasa lebih menarik.

denah rumah 6x9 3 kamar tidur 1 lantai

Dimana bisa memanfaatkan beranda sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Anda juga bisa menambahkan beberapa kursi di beranda sebagai tempat untuk menikmati suasana sore hari atau pagi hari sambil duduk minum teh, apabila sudah memiliki area tersendiri sebagai tempat menjemur.

  1. Denah Rumah Ukuran 6×9 3 Kamar 2 Lantai

Anda bisa buat desain eksterior rumah minimalis modern sekalian. Jangan tanggung-tangung, pilihlah desain eksterior yang bagus. Untuk desain rumah modern bisa liat gambar desain eksterior rumah dibawah ini.

denah rumah ukuran 6x9 3 kamar 2 lantai
Denah rumah ukuran 6×9 3 kamar 2 lantai

Denah rumah ukuran 6×9 3 kamar 2 lantai bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki budget lebih. Ini bisa diperuntukkan untuk keluarga dengan lebih dari 2 anak. Sangat ideal untuk saat ini memiliki rumah dengan 3 kamar tidur. Walaupun 2 kamar tidur sudah cukup, 1 kamar tidur bisa dipakai untuk lainnya. Semisal tempat sholat, atau tempat menyetrika baju dll. So tidak ada ruginya jika Anda memiliki 1 ruang / kamar tidur yang tidak terpakai, bisa dimanfaatkan untuk yang lain!

Baca Juga: Denah Rumah 6×9 3 Kamar Tidur Tanpa Garasi

Tertarik untuk mencoba salah satu inspirasi desain seperti di atas ? Meski ukuran rumah 6×9 mungkin dirasa tidak terlalu luas, namun dengan desain denah yang tepat maka hunian anda pun akan terasa nyaman dan terlihat menarik. Fokus utama pada rumah ukuran 6×9 sendiri memang terletak pada efisiensi lahan dan efektivitas ruangan, sehingga sangat cocok untuk keluarga kecil.

judul gambar

Leave a Comment